ggggggggg
Home » Nusantara » Pantai Ora, Surga di Maluku Tengah

Pantai Ora, Surga di Maluku Tengah

Pantai Ora, Surga di Maluku Tengah – Maluku merupakan tujuan wisata dari berbagai daerah di Indonesia, terdapat tempat wisata yang cukup indah dan menawan salah satunya adalah wisata pantai. Pantai-pantai yang berada di Maluku mempunyai ciri khas tersendiri salah satu pantai yang cukup indah adalah  Pantai Ora, pantai ini merupakan suraga tersembunyi yang terletak di Pulau Seram, Kecamatan Serama Utara, Maluku.

Pantai Ora, Surga di Maluku Tengah

Pantai Ora ini berada di ujung bagian barat teluk Sawai yang Berada di Desa Sawai dan berbatasan dengan Desa Saleman. Kedua desa ini merupakan kawasan dari Taman Nasional Manusela, untuk menuju ke Pantai Ora anda harus merogoh kocek lumayan besar dari biaya transport, penginapan dal lain-lain, meskipun biaya lumayan mahal namun wisatawan yang datang setiap bulanya selalu meningkat.

Berbagai wisatawan yang datang ke Pantai Ora ini tidak hanya dari nusantara saja namun dari luar negri juga banyak yang datang. Pantai ini memiliki panorama alam pantai dan pemandangan bawah laut yang sangat luar biasa, pemandangan di sekeliling terdapat pegunungan yang cukup memukau, air yang sangat jernih membuat biota bawah laut terlihat jeles dari permukaan.

Deskripsi Pantai Ora

Pantai Ora merupakan tujuan wisata pantai di Maluku, wisatawan yang sering datang ke Pantai Ora bersal dari Belanda, Amerika dan Jepang. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan halus selain itu kebersihan dipantai ini sangat terjaga, pantai ini kerap di sejajarkan dengan Pantai Boracay, Pantai Bora-bora dan Pantai di Maladewa yang mempunyai keindahan pantai bagaikan surga.

Pantai Ora, Surga di Maluku Tengah

Wisatawan dapat menikmati diving dan snorkling di Pantai Ora, tidak perlu menyelam terlalu dalam hanya 2-3 meter saja dapat melihat trumbu karang dan biota laut lainya. Lokasi yang paling baik terletak di dekat tebing, selain itu posisi di tempat ini sangat memukau wisatawan dann jarang sekali di temukan lokasi yang berdekatan dengan tebing tinggi, selain dapat menikmati bawah laut anda juga dapat melihat keindahan Taman Nasional Manusela.

Beragam jenis spesies burung berada di hutan ini seperti nuri bayan, raja udang, kakaktua Maluku dan kasturi tengkuk-ungu sebagi spesies endemik di hutan ini. Wisatawan juga dapat berkeliling di pulau-pulau kecil di Teluk Sawi dengan mengunkan perahu, pulau-pulau yang dapat di kelilingi Pulau Sapalewa, Pulau Tujuh, Pulau Tengah, Pulau Raja, dan Pulau Kelelawar, yang memiliki pemandangan yang sangat eksotis.

Pantai Ora, Surga di Maluku Tengah

 

 

Mengelilingi pulau ini hanya butuh sekitar 30 menit selai itu wisatawan juga terdapat mengunjungi mata Air Belanda. Berupa sungai kecil yang mengalir dari gunung dan bermuara ke Teluk Saleman, matai air ini dinamakan Mata Air Belanda karena dulunya seorang Belanda yang pertama kali menemukannya, mata air ini berasa tawar sungguh aneh di pinggir pantai terdapat air tawar.

Jika ingin bermalam di Pantai Ora terdapat resort yang cukup menawan berada di atas air laut dan memiliki pemandangan yang menakjubkan. Menjadi satu-satunya tempat penginapan yang ada di pantai Ora, resort ini mengingatkan kita terhadap  wisatawan dunia yang sudah terkenal, dan juga terdapat restoran yang menyediakan menu laut yang cukup lengkap, seperti cumi-cumi, kerang laut, ubur-ubur ikan kepau dan masih banyak lainnya.

Akses Menuju Pantai Ora

Jika anda dari Jakarta anda dapat menggunakan pesat dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam menuju badara Patimura Ambon. Setelah tiba di bandara Ambon anda dapat menggunan kendaraan carter menuju Pelabuhan Laut Hanimua, sekitar 1 jam, setelah itu menuju ke Pulau Seram ke Pelabuhan Waipirit sekitar 45 menit, kapal feri yang berada di pelabuhan ini setaip harinnya melayani tujuh kali penyebrangan.

Pantai Ora, Surga di Maluku Tengah

Setelah tiba di Pelabuhan Waipirit anda harus melanjutkan lagi perjalanan menuju Desa Saleman sekitar 4 jam perjalanan. Jalan yang di lalui cukup sulit dan berkelok-kelok, naik turun bukit setelah tiba di Desa Saleman anda bisa melanjutkan dengan perahu sekitar 10 menit tiba di Pantai Ora.

Rincian Biaya  Menuju Pantai Ora

  1. Tiket Pesawat dari Jakarta menuju ambon rata-rata Rp. 2.500.000 pulang pergi (tiket pesawat dapat berubah setiap waktu ) bahkan bisa melonjak drastis ketika hari libur.
  2. Rental Mobil Rp. 800.000
  3. Tiket Kapal Feri Rp.20.000/orang dan 200.000/mobil
  4. Guide Rp. 500.000
  5. Kamar laut Rp.700.000
  6. Makan ( tergantung menu yang di sediakan harga mulai dari Rp.100.000 – Rp300.000)
  7. Tour Wisata Laut Rp.1.100.000
  8. Snorkling dan Diving Rp.450.000

Pantai Ora, Surga di Maluku Tengah

Itulah perincian yang kami buat harga sewaktu-waktu dapat berubah, jadi jika anda mengunjungi pantai ini anda harus mengelaurkan biaya di atas dan demikain informasi yang dapat admin sampaikan, Terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Informasi seputar pantai malang dan sekitarnya